Last modified: 2019-03-25
Abstract
E-Commerce di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Hal itu tidak lepas dari pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sangat cepat. Menurut data APJII (2016), dalam dua tahun terakhir, pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 44,6 juta orang menjadi 132,7 juta orang. Salah satu e-commerce yang berkembang sangat pesat yaitu Shopee. Selama beroperasi di Indonesia selama 2 tahun, Shopee telah menduduki posisi ke lima e-commerce terbesar di Indonesia.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara e-service quality, customer satisfaction dan repurchase intention dengan fokus pada konsumen Shopee dari lima Universitas di Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah dengan mendistribusikan kuesioner kepada konsumen. Dilakukan uji Reliabilitas dan uji Validitas. Responden penelitian terdiri dari 152 konsumen, data yang terkumpul kemduian dianalisis dengan metode SEM AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction; 2) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention; 3) Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention.