Last modified: 2019-03-22
Abstract
Dalam konteks pendidikan, guru memiliki peran penting dalam dalam pencapaian tujuan pendidikan. Untuk melaksanakan proses belajar yang efektif guru tidak hanya berpedoman pada etika profesi guru tetapi juga pada etika kerja yang sesuai dengan agama yang dianutnya. Jika guru selalu aktif dalam sekolah, mengikuti kegiatan yang ada disekolah, berarti lingkungan kerja dan pemimpin yang mempengaruhi mereka merasa nyaman dalam sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan etika kerja islam dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh keterikatan karyawan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan variabel kontrol yaitu pengalaman kerja sebagai penguat untuk kinerja guru. Objek dari penelitian ini adalah sekolah di Wonosobo, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah guru. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini sebanyak 134 responden. Data diambil dari pendistribusian langsung ke sekolah. Teknik analisis data menggunakan SEM dengan software AMOS versi 24.
Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh islamic work ethic berpengaruh signifikan terhadap employee engagement, pengaruh transformational leadership berpengaruh signifikan terhadap employee engagement, pengaruh employee engagement berpengaruh signifikan terhadap employee performance, pengaruh islamic work ethic berpengaruh signifikan terhadap employee performance, pengaruh transformational leadership tidak berpengaruh signifikan terhadap employee performance