Last modified: 2019-03-25
Abstract
Pengalaman merupakan salah satu variabel yang mendominasi dalam tema kepariwisataan. Variabel ini masih menarik untuk diteliti karena terdapat beragam dimensi yang dikemukakan peneliti terdahulu dalam memotret fenomena ini. Kuliner tidak akan terlepas dari kegiatan berwisata dan diketahui berperan besar dalam kepuasan wisatawan. Artikel ini menawarkan desain model konseptual dan proposisi penelitian untuk memperluas pengetahuan terkait perilaku wisatawan kuliner di Indonesia. Konsep dan konstruk yang kami susun mengkompilasi berbagai variabel dari sumber yang berbeda sehingga diharapkan memberikan alternatif model dalam pembentukan loyalitas dan niatan berkunjung ulang wisatawan. Selanjutnya proposisi kami juga menyatakan peran variabel usia terhadap hubungan antar variabel dalam model yang diajukan. Proposisi danĀ model konseptual yang diusulkan dapat memberikan wawasan secara teoritis, memberi arahan potensial bagi manajer atau praktisi dibidang pariwisata kuliner serta berpotensi untuk menjadi dasar penelitian selanjutnya di masa depan.
Kata Kunci : Pariwisata Kuliner, Nilai Pengalaman, Kepuasan, Loyalitas, Niat Berkunjung Ulang, Usia