Last modified: 2019-03-25
Abstract
Saat ini, media sosial telah menjadi sarana untuk menyebarkan informasi, komunikasi digital dan media promosi bagi pemasaran destinasi wisata. Dengan kata lain, media sosial memiliki potensi untuk ikut serta dalam upaya peningkatan industri pariwisata. Salah satu media sosial yang kini banyak digunakan untuk mencari informasi destinasi wisata ialah instagram. Perkembangan instagram yang memberikan ulasan daring tentang destinasi wisata telah meningkatkan getok tular elektronik bagi turis milenial. Lebih lanjut, kesadaran destinasi dan citra destinasi berperan dalam memengaruhi niat berkunjung turis milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh getok tular elektronik pada kesadaran destinasi, citra destinasi dan niat berkunjung. Di samping itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran destinasi dan citra destinasi pada niat berkunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei melalui daring dengan jumlah sampel sebesar 191 responden. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa getok tular elektronik berpengaruh positif signifikan pada kesadaran destinasi, citra destinasi dan niat berkunjung. Penelitian ini juga mengkonfirmasi pengaruh positif signifikan kesadaran destinasi dan citra destinasi pada niat berkunjung.