Sebelas Maret International Conferences, The 5th National Conference on Applied Business

Font Size: 
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, INSIDER OWNERSHIP DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
eviy rosmalinda

Last modified: 2019-03-25

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, (2) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (3) Pengaruh Insider Ownership terhadap nilai perusahaan, (4) Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap nilai perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keuangan, laporan tahunan, dan laporan berkelanjutan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan keluarga yag terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013 sampai 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yang berjumlah 37 perusahaan keluarga sehingga menghasikan data panel sebanyak 185 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan alat bantu eviews.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) CSR berpengaruh positif  terhadap nilai perusahaan, (2) Profitabilitas sebagai variabel moderating dapat memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, (3) Insider Ownership tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (4) Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Insider Ownership, Kepemilikan Institusional dan Nilai Perusahaan.